Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » Seminar Nasional Optimalisasi Sumber Daya Pemalang

Seminar Nasional Optimalisasi Sumber Daya Pemalang

Bupati Pemalang saat memberikan sambutan 
pada seminar nasional di Hotel Regina Pemalang 

PEMALANG - Pelaksanaan otonomi daerah memberikan kesempatan yang luas kepada daerah, untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai modal untuk memajukan daerah. Oleh karena itu, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, telah berupaya secara maksimal untuk dapat menggali dan memanfaatkan segala potensi sumber daya yang ada, baik potensi alam, potensi budaya maupun potensi-potensi lainnya.

Demikian disampaikan Bupati Pemalang, H. Junaedi, SH,MM dalam Seminar sehari yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) As-Sholeh Pemalang, Sabtu 22 Desember 2012 di Hotel Regina Pemalang.

Bupati mengatakan, bahwa Kabupaten Pemalang memiliki beragam potensi sumber daya yang bisa dikembangkan, baik yang berasal dari sumber daya alam maupun sumber daya buatan. Sumber daya tersebut mencakup kategori dapat diperbaharui (renewable resources), maupun tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources).

Beberapa potensi yang dapat dijadikan komoditas unggulan diantaranya adalah industri textile, tenun dan konveksi - hasil pertanian dan perkebunan - kawasan agropolitan Waliksarimadu yaitu di Watukumpul, Belik, Pulosari, Moga dan Randudongkal). Lima daerah itulah yang dijadikan sentra produksi sayur-sayuran terbesar di Kabupaten Pemalang - Obyek wisata serta perikanan tangkap dan budidaya.

Berkaitan dengan itu, pemerintah kabupaten Pemalang telah mengeluarkan kebijakan umum jangka menengah daerah yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten pemalang tahun 2011 - 2016, yaitu peningkatan investasi, pengoptimalan pengelolaan sumber sumber daya alam dan lingkungan hidup, penguatan fasilitasi dan kelembagaan koperasi, UMKM, serta industri kecil dan menengah, peningkatan pengelolaan potensi pertanian dan perikanan dn peningkatan infrastruktur wilayah yang berkualitas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Seminar yang menghadirkan lima pembicara dari Semarang dan Jakarta itu, mengambil tema: "Optimalisasi Potensi Sumber Daya Pemalang dalam Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) di Era Globalisasi", diikuti oleh masyarakat umum, pegawai di lingkungan Kabupaten Pemalang dan mahasiswa.

Sumber :  Pantura News

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger