Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » Jelang Lebaran, Pakaian Bekas di Alun -alun Pemalang Laris Manis

Jelang Lebaran, Pakaian Bekas di Alun -alun Pemalang Laris Manis

Jadi Rebutan Buruh Pabrik dan Tukang Becak

Pakaian bekas sisa eksport yang dijual di Alun-alun Kota Pemalang, Jawa Tengah, diserbu ratusan warga miskin Pemalang, Minggu (22/7/2012).

Umumnya, para pembeli pakaian bekas tersebut adalah para buruh dan tukang becak. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya penjual pakain sisa eksport-import ini.

Simpe, warga Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang sehari-harinya bekerja sebagai pengayuh becak mengatakan, jika dengan adanya pakaian bekas itu maka dirinya sangat terbantu. Lantaran harga pakaian baru di toko sangat mahal dan tidak terjangkau bagi masyarakat miskin.

“Dengan adanya penjual pakaian bekas ini saya amat terbantu, karena untuk membeli pakain baru di toko tidak mampu. Harganya selangit. Alhamdulillah, dengan hanya mengeluarkan Rp 50 ribu saya bisa membelikan baju ketiga anak saya dan juga istri saya. Mereka pasti senang mendapat oleh-oleh baju bekas yang masih terbilang layak pakai,” ujarnya kepada LICOM.

Sementara, Mohammad Uki, pedagang baju bekas mengatakan, jika dagangannya sangat diminati masyarakat kelas. “Saya baru tiga hari berjualan disini, namun Alhamdulillah berkah ramadhan dagangan saya laris manis di borong para pembeli. Saya mendapatkan baju sisa eksport-import ini dari Kota Bandung, Jawa Barat. Saya beli per karung dengan harga Rp 250 ribu. Sampai di rumah saya pilah-pilah pakain yang masih layak dijual. Setelah saya cuci dan gosok pakaian bekas ini saya jual keliling dengan mobil pickup ini,” jelasnya.

Harga pakaian pun bervariasi, kaos dijual seharga Rp 5000 per buah, kemeja Rp 8000 hingga Rp 10 ribu dan jelana jeans Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. “Dalam sehari saya mampu menjual 20 sampai 25 potong pakaian. Saya mendapatkan laba bersih per harinya RP 250 ribu hingga Rp 300 ribu. Lumayan untuk tabungan lebaran nanti,” paparnya.

“Biasanya menjelang lebaran nanti saya mampu menjual 2-3 kali lipatnya. Kebanyakan yang membeli dagangan saya ini para warga miskin yang tak mampu membeli pakaian baru di toko atau mall,” tambahnya.


Sumber :  Lensa Indonesia


 

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger