Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » Kemenkop UKM Lakukan Pendampingan Wawasan dan Pembiayaan Wirausaha Muda

Kemenkop UKM Lakukan Pendampingan Wawasan dan Pembiayaan Wirausaha Muda





JAKARTA – Pemerintah jadikan momentum tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional pada 2013 sebagai optimalisasi penciptaan entrepreneurs dari dua strata pendidikan, yakni dari alumnus SSM dan perguruan tinggi.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan peringatan tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) tidak hanya sebagai ajang seremonial. Lebih dari itu dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana sosialisasi.

”Pemerintah akan mengupayakan peningkatan wirausahawan baru dari generasi muda. Khususnya kelompok lulusan SMA maupun perguruan tinggi,” katanya, seperti dikutip, Sabtu (8/12/2012).

Target peningkatan wirausaha dari kelompok pendidikan tersebut dikedepankan, karena jumlah alumninya setiap tahun cukup besar, namun kurang mendapat posisi pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu mereka.

Menurut dia, alumni SMA yang belum mendapat pekerjaan setiap tahun tercatat sekitar 2 juta orang. Kemudian alumni perguruan tinggi yang juga memiliki nasib serupa jumlahnya mencapai sekitar 492.000 orang.

Melalui pola pendampingan peningkatan wawasan kewirausahaan serta pendampingan pembiayaan yang dipersiapkan Kementerian Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan optimistis mereka bisa memenuhi keinginan pemerintah.

Keinginan tersebut adalah menjadikan mereka sebagai job creator atau pencipta lapangan kerja bagi pemuda lain yang belum beruntung mendapatkan pekerjaan. Bertambahnya wirausahawan tersebut, meringankan tugas pemerintah mengikis angka pengangguran.

Apabila pemerintah focus pada dua segmen itu meningkatkan wirausaha, maka semakin mempercepat proses pencapaian jumlah wirausaha nasional ke posisi ideal, yakni 2% dari jumlah atau populasi penduduk. Saat ini statistiknya baru mencapai 1,56%.

Pada tahun depan, katanya, pemerintah menargetkan yerjadi pertumbuhan sekitar 1 juta wirausaha baru dari alumnus strata pendidikan SMA dan perguruan tinggi. “Jika konsentrasi pada program itu, target pasti bisa tercapai.”


Sumber :  Suara Pengusaha
 

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger