Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » Pasar Pagi Calon Pasar Sehat Pemalang

Pasar Pagi Calon Pasar Sehat Pemalang

PEMALANG – Pasar tradisional terbesar di Kabupaten Pemalang, yakni Pasar Pagi yang berlokasi di lingkungan RW 2 Kelurahan Mulyoharjo, saat ini dicanangkan menjadi pasar sehat. Persiapan untuk menjadi pasar sehat sudah mulai dilakukan oleh instansi terkait, baik Diskoperindag maupun Dinkes Pemalang.

Keberadaan Pasar Pagi, menurut Kabid Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan (PKPL) Dinkes, Akhmad Sarifudin, SKM, perlu dilakukan pembenahan agar bisa memenuhi kriteria pasar sehat.

“Selain harus dibenahi masih banyak sarana pendukung yang harus dirapikan serta ditata agar kondisi lingkungannya sehat,” jelas dia di sela kunjungannya ke Pasar Pagi, Jumat (2/3/2012).


Pada kunjungan ke dalam kompleks pasar, Akhmad Sarifudin menyaksikan dari dekat sarana fisik bangunan maupun sarana penunjang yang kondisinya sudah rusak. Misalnya saja sarana pembuangan air atau drainase yang mampet dan menimbulkan bau tidak sedap. Kondisi tersebut sangat mengganggu ketenangan para pedagang. Bahkan bisa menimbulkan penyakit karena got yang mampet bisa menjadi sarang nyamuk.Salah satu sarana umum yang harus diperhatikan kebersihannya adalah Mandi Cuci Kakus (MCK). Di lingkungan Pasar Pagi terdapat sejumlah MCK yang kondisinya sangat kurang higienis.

“Tolong disediakan tempat sampah agar tidak berceceran,” saran dia kepada salah seorang penjaga MCK di sudut timur kompleks pasar.

Menurut Sarifudin, penyelenggaraan pasar sehat merupakan tugas bersama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, instansi terkait dan berkolaborasi dengan Forum Pemalang Sehat (FPS). Sehingga tidak mungkin untuk dilaksanakan jajaran kesehatan atau Diskoperindag saja. Tetapi kita bekerjasama untuk mewujudkan sebuah pasar yang benar-benar sehat sehingga nilai manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

“Dasar pelaksanaan program pasar sehat adalah Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 519/Menkes/SK/VI/2008,” pungkasnya.

Sumber :  Radar Pemalang

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger