Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » Kemendag Dorong UKM Kembangkan Merek

Kemendag Dorong UKM Kembangkan Merek

Peningkatan daya saing produk ekspor Indonesia melalui pengembangan merek merupakan langkah strategis yang bermanfaat besar, baik jangka pendek maupun panjang.




SURABAYA – Peningkatan ekspor dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan merek yang tentunya, akan juga meningkatkan minat beli dan harga jual.

“Produk dengan merek yang direncanakan dengan baik, didesain secara menarik dan dikomunikasikan secara tepat akan lebih mudah masuk di pasar mancanegara dan bersaing dengan produk-produk negara lain,” ujar Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif Kementerian Perdagangan (Kemendag), Dody Edward, saat membuka workshop Pengenalan Program Pengembangan Merek & Seleksi Calon UKM-UKM Potensial, di Surabaya, Jumat (10/8/2012).

Menurut Dody, peningkatan daya saing produk ekspor Indonesia melalui pengembangan merek merupakan langkah strategis yang punya manfaat besar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Workshop dengan tajuk “Adaptasi Produk Dalam Rangka Pengembangan Merek” tersebut dilakukan atas kerja sama Kemendag dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan program pengembangan merek UKM sekaligus memberikan pengetahuan kepada UKM akan pentingnya merek.

Menurut Dody, saat ini masih banyak pelaku usaha, khususnya UKM, yang belum menyadari peran merek dalam peningkatan daya saing ekspor. Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran pengembangan merek di kalangan pelaku usaha UKM. Berdasarkan kebutuhan tersebut, kata dia, Kemendag melalui Direktorat Pengembangan Ekspor dan Ekonomi Kreatif memberi perhatian pada pengembangan merek UKM produk Indonesia, terutama yang berorientasi ekspor,” terangnya.

“Program terpadu pengembangan merek produk ekspor Indonesia dilaksanakan secara berkelanjutan. Pada 2011 sudah dilaksanakan program terpadu pengembangan merek produk untuk 74 UKM yang akan dilanjutkan di tahun 2012 untuk 75 merek UKM,” jelas Dody.

Untuk tahu ini, program fasilitasi pengembangan merek terdiri dari empat tahapan, yaitu pengenalan program pengembangan merek & seleksi calon UKM-UKM potensial; dialog lanjutan dengan UKM terpilih; penyusunan brand strategy & brand identity untuk UKM terpilih; dan penyerahan hasil kepada UKM terpilih.

Sumber :  Jaring News

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger