Jl. Jend. Sudirman Timur No. 50

Telp./Fax. (0285) 321542 PEMALANG - JAWA TENGAH - INDONESIA
Home » » 20 Pembatik Pelatihan Mutu dan Teknik Pewarnaan

20 Pembatik Pelatihan Mutu dan Teknik Pewarnaan

PEMALANG - Untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Sumber Daya Manusia, IKM Batik tulis Dinkoperindag Pemalang bekerjasama dengan Disperindag Propinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pelatihan mutu dan teknik pewarnaan batik tulis di Winner Premier Hotel, Selasa (17/4) kemarin. Tujuan kegiatan yang melibatkan 20 orang dari IKM batik ini untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan SDM IKM batik tulis dalam teknik pewarnaan sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan berdaya saing.

Kepala Disperindag provinsi Jawa Tengah, Ir Ihwan Sudrajat MM melalui Kepala Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Tri Setyawati SIP MSI menuturkan bahwa batik merupakan produk kerajinan yang memiliki nilai sejarah dan budaya bagi bangsa Indonesia. Keberadaanya mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis karena mendorong perekonomian daerah dan mampu melestarikan budaya daerah.  “Serta keberadaannya mampu menyerap banyak tenaga kerja,” ujarnya.

Menurutnya batik saat ini telah berkembang menjadi komoditas budaya yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi pakaian bangsa Indonesia . Bahkan telah menembus pasar ekspor seperti Asia , Eropa dan Amerika.  “Sentra batik di Indonesia makin didominasi dan terpusat di pulau jawa, khususnya propinsi Jawa tengah,” katanya.

Produk batik mempunyai prospek yang baik kedepan karena ditunjang kualitas SDM yang cukup bisa diandalkan baik teknis proses produksi maupun penguasaan teknologi pembatikan. Disamping itu menurutnya pasar dalam negeri cukup menjanjikan dengan jumlah penduduk 230 juta jiwa.  “Selain itu pasar ekspor juga sangat terbuka, namun demikian dibutuhkan peningkatan promosi baik kedalam maupun keluar negeri dan perhatian terhadap desain motif agar sesuai dengan selera pasar,” katanya.

Dalam acara ini, sebagai pembicara berasal dari balai kerajinan dan batik Yogyakarta yang akan menyampaikan pengetahuan tentang mutu bati, komposisi zat warna untuk batik dan pembuatan desain motif batik yang baru trend.

Sumber : Radar Tegal

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Diskoperindag Pemalang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger